PIN, PASSWORD, KEBLOKIR

1. Tentang Pin

Semalam, saya bermakasud menarik uang dari atm BNI. Saya tidak ingat, kapan terakhir menarik uang dri atm, kalau tidak salah pas bulan puasa. Selama ini saya melakukan transaksi melalui internet banking, bayar pulsa ke temen, bayar telpon dan speedy, atau bayar-bayar lainnya, sehingga bisa dikatakan jarang banget ke atm, dan atm saya ini pun atm yang baru diperpanjang, sehingga nomor pinnya pun nomor baru. Sebenarnya nggak baru-baru banget sih, tapi yang pasti belum ada setahun. Pas memasukkan nomor pin, sebenarnya saya sudah agak ragu, saya lupa pinnya. Tapi saya coba masukkan saja seingat saya. Proses berjalan lancar, alhamdulillah…tapi pas di menu terakhir, keluar tulisan: Nomor pin yang anda masukkan salah, bla..bla..bla..(saya lupa kalimat apa selanjutnya). Saya mulai grogi..waduh…berapa ya.. Saya coba masukkan lagi dengan pin yang lain, keluar kalimat yang sama, bahkan ada tambahan, yang kira-kira isinya, kalau sampai 3 kali salah, atm akan diblokir. Saya tidak berani mengambl resiko. Kartu atm saya keluarkan, kemudian saya duduk di bangku yang letaknya berderet di dekat pintu masuk.

Saya mencoba duduk menenangkan diri, mengingat-ingat kira-kira berapa nomornya pinnya http://www.smileycodes.infoAkhirnya setelah mengingat..menimbang..dan memutuskan..saya kembali ke atm, yakin deh sekali ini benar. Dan…tradaaa… di menu terakhir.. keluar tulisan: SELAMAT ATM ANDA TELAH DIBLOKIR, HUBUNGI BANK TERDEKAT (sebenarnya lebay..gak ada kata-kata selamatnya kok… :D). Yaaah..akhirnya hanya bisa pasrah… 😦

Urusan nomor pin ini emang agak ribet, masalahnya pada saat saya memperpanjang kartu atm, waktunya bersamaan dengan saya membuka rekening baru di bank Mandiri. Nah di sini, saya mengaktifkan atm dan sms banking yang dua-duanya harus punya nomor pin. Praktis dalam waktu bersamaan saya harus menghapal tiga jenis nomor rahasia. Dan yang jarang digunakanlah yang akhirnya terlupakan…dan berujung pada PEMBLOKIRAN http://www.smileycodes.info

2. Tentang Password

Sebenarnya untuk saya sendiri, urusan lupa kode rahasia ini sudah sangat sering terjadi. Tapi yang paling sering adalah lupa password (kalau lupa pin atm ya baru ini kejadiannya). Punya banyak email, banyak account di dunia maya, emang ujung-ujungnya akan berakhir dengan lupa password dan id. Beberapa waktu lalu, saya mencoba login ke Blogspot, saya lupa alamat email apa yang saya gunakan. Ketika saya masuk dengan mencoba-coba alamat email, ternyata saya masuk ke Blogspot yang dulu saya gunakan untuk jualan produk herbal. Pantes aja sampe sekarang masih ada aja yang nelpon atau sms mau pesen-pesen produk. Yang cukup membuat saya kaget, di ujung kanan atas, tampak alamat email gmail saya. Padahal saya masuk dengan email yahoo. Saya memang ingat, pernah membuat email di gmail, waktu itu untuk urusan kerjaan di kantor lama. Tapi jangankan password, idnya aja saya lupa…makanya saya lupakan tentang email tersebut. Namun gara-gara nggak sengaja ngelihat tuh email nangkring di akun blogspot, saya jadi tergoda untuk mengaktifkannya lagi.

Saya coba masuk ke gmail. Password sudah pasti lupa. Tapi untungnya, saya punya beberapa password yang bolak-balik itu saja yang digunakan. Jadi kalau lupa, saya coba aja satu-satu, A, B, C dan seterusnya sampai ketemu yang pas. Untungnya untuk password, gak ada acara blokir memblokir jika salah sampai 3 kali. Kalau nggak salah, saya berhasil masuk ke gmail setelah mencoba password yang ke 4. Dan alhamdulillah…sekarang email di gmail yang sudah terlupakan jadi kepake lagi. Saya gunakan khusus untuk urusan kerjaan dan urusan pribadi. Jadi nggak perlu khawatir dengan email-email penting yang ketimpa dengan email-email notif dari beberapa social media, walaupun saya sendiri sebenarnya selalu mencentang “no” untuk pilihan mau atau tidak dikirim email notif.

Namun untuk menghindari lupa password, walaupun di laptop sendiri, ketika login saya tidak pernah lagi mencentang “save password” Tak apa-apa mengetik ulang password, supaya selalu ingat, terlebih jika darurat harus digunakan di tempat lain… http://www.smileycodes.info

21 thoughts on “PIN, PASSWORD, KEBLOKIR

    • iya..yg bikin repot mesti ke bank-nya itu, pasti ngantri..

      utk email dan akun2 lain klo saya ya begitu..gak di save password, jadi tiap login ketik ulang, biar gak lupa πŸ˜€

  1. Alhamdulillah, Kalau ATM blm pernah lupa. Tapi kalau internet banking sering πŸ˜€
    Terpaksa harus hubungi call center dan daftar ulang. Malahan ubtuk bank yg gak bisa via telepeon hrs datang ke banknya

      • bukan kasus ATM. tapi kasus internet banking. via telepon minta dihapus datanya, terus kita register ulang lagi

      • coba aja tanya call centernya,
        tapi sepertinya kalau ATM harus ke bank deh. soalnya bagian admin kan tidak boleh melihat data PIN kita. mereka paling bisa mereset dengan PIN baru. dan PIN baru itu kan dikasihnya di amplop tertutup. ya kan?

      • tapi net banking nggak bisa buat tarik tunai. bisa diakalin, transfer ke rekening temen lalu nanti minta dia yang narik πŸ˜€

      • iya..barusan jg kepikiran gitu, kebetulan sy ada atm satu lagi, bisa transfer aja ke sana..
        eh..tpi mending ke temen..sama2 bni, trasfernya gk kena cas, pelit banget yak πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

