Bogor Keren

ImageFoto di atas saya ambil dari dalam bis siang hari ketika melintasi jalan Baru. Harusnya bis yang saya tumpangi mengambil jalur bawah, namun seperti biasa, untuk menghindari macet karena pembangunan jalan, bis memutar arah lewat jalur atas, masuk ke jalan Kebon Pedes-Warung Jambu-Pajajaran. Foto yg dibidik seadanya ini (maklum….bukan fotografer… :D) menunjukkan kondisi pembangunan Jembatan Fly Over atau yang dikenal dengan Bogor Outer Ring Road, dibangun sepanjang 11km yang melingkari kota Bogor, menghubungkan Sentul Selatan hingga Dramaga.

Pada malam sebelumnya, sepulang ngajar, saya dan beberapa teman seperti biasa nebeng mobil temen yang kebetulan sejalur. Biasanya yang ikutan nebeng bertiga, plus beberapa siswa kalau kebetulan tidak dijemput. Ketika melawati jalan Baru, jalan yang saat ini sedang dilakukanΒ  pembangunan jembatan fly over, saya tergerak untuk memecah kesunyian..

“Horeee…Bogor keren..kayak Jakarta..ada fly overnya..” Katrok banget yak..hehe..

Temen saya nyeletuk..

“Horeee…kita keren..tiap hari ngelewatin fly over…” Jiaaah…temen saya lebih katrok lagi rupanya πŸ˜€

Yang lain menimpali..

“Biarpun lewat bawahnya doang..”

“Walaupun rumah di kampung, pokoknya ngelewatin tiap hari..”

“Iya..yang tinggal di Bogor aja belum tentu lewat, kita dong tiap hari.” Saya menambahkan.

Saya dan seorang teman memang tinggal di daerah Parung. Untuk sampai di Bogor kota masih butuh waktu kira-kira sejam.

Obrolan di atas emang obrolan gaje banget. Tapi saya jadi membayangkan, bagaimana kelak jika Bogor yang selama ini dikenal asri dan sejuk kawasannya berubah kondisi menjadi seperti di jalan Baru. Kondisi di sepanjang jalan Baru, memang sangat berbeda dengan jalan-jalan seperti Pajajaran atau Juanda. Daerah Pajajaran atau Juanda yang melingkari Kebun Raya Bogor masih penuh dengan pepohonan rindang nan hijau. Walaupun suasana kemacetan di setiap titik kota masih menjadi makanan sehari-hari.

Di jalan Baru sendiri, seiring dengan pembangunan jembatan Fly Over, bertebaran mall-mall didirikan. Perilaku konsumtif dan gaya hidup modern masyarakat tentunya yang menjadi salah satu keberanian para memodal kaya raya untuk membangunnya. Gambar gedung yang tampak di foto di atas, yang tengah dibangun pula, kabarnya adalah gedung apartemen. Dan jika benar, itu berarti apartemen pertama yang ada di Bogor. Ditambah kawasan jalan Baru jelas akan menjadi kawasan padat dan pusat kota. Jembatan fly over yang sedang dibangun saat ini untuk memudahkan akses ke Jakarta, pun akan menjadi jalan provinsi. Jika melintasi jalan Baru, suasana Bogor yang terkenal adem hilang sama sekali.

Namun bagaimanapun Bogor dengan semua permasalahannya, saya sangat mencintai kota ini, karena saya dilahirkan di kota ini, tepatnya di RS.Salak. Walaupun saya baru benar-benar menetap di Bogor selepas kuliah, karena pekerjaan orang tua yang mengharuskan pindah-pindah, namun sejak kecil saya sudah sangat mencintai Bogor dan berangan-angan untuk tinggal selamanya di kota hujan ini. Kebetulan, setelah pensiun, walaupun dinasnya di Jakarta, ayah saya memilih untuk tetap tinggal di Bogor, tidak kembali ke Sumatera. Tapi jika kelak berjodoh dengan bukan orang Bogor atau sesorang yang tinggal di Bogor, itu urusan lain, takdir Allah namanya..hehe…http://www.smileycodes.info

Bandingkan kawasan jalan Baru dengan jalan Pajajaran dan Juanda di foto ini

Note: dua foto terakhir diunduh dari internet

45 thoughts on “Bogor Keren

  1. pepohonan di sisi jalan itu idenya orang-orang pendahulu… cemerlang. ramah lingkungan. yang lewat situ juga ademmmm πŸ˜€

  2. Bogor mmg keren mb.. apalagi sekarang jalannya makin lebar dr pertigaan Semplak hingga Parung.. trus melebar hingga sampai Ciputat malah nanti dengar2 jln yg di Pasar Parung mo dibuat flyover jga krn biang kemacetan..

    btw orang Parung ya mb.. jgn2 tetanggaan nih..

    • iya mas..jln raya parung udh tambah lebar skrang..ada pembatas jalannya juga. Naah..di deket pasar parungnya itu yg gila2an macetnya. Emang pernah denger sih..katanya mau di bangun tol juga, cuma denger2 terhambat masalah pembebasan tanah. Gak tau juga sih..

      Nah..bisa jadi..parungnya di daerah mana..??

Tinggalkan Balasan

